Banyak yang Tak Tahu Fungsi Garis Cokelat di Kaca Belakang Mobil

loading...


Sudahkah anda tahu, bahwa garis cokelat ini berfungsi? Nah kalau sudah tahu, tinggal share ke teman atau kerabat saja.
Karena sampai saat ini ternyata masih banyak yang tidak mengetahui apa fungsi garis-garis cokelat yang melintang di kaca belakang. Sekadar informasi, garis tersebut bukanlah sebuah hiasan tapi memiliki fungsi yang berguna untuk membantu visual saat berkendara.


Garis cokelat pada kaca belakang merupakan fitur anti embun yang kerap disebut defogger.Perangkat ini sudah menjadi fitur standar sebgaian mobil modern guna menunjang keselamatanberkendara.



Iwan Abdurahman, General Repair Service Manager Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, bahwa garis cokelat merupakan defogger untuk menghilangkan kondensasi yang terjadi pada kaca di dalam kabin belakang.

"Defogger pada mobil umumnya ada dua, belakang dan depan. Kalau depan bekerja dari kipas air conditioner (AC) sedangkan di belakang melalui arus panas dari listrik yang diantar melalui garis-garis cokelat itu, jadi bukan hiasan," ucap Iwan dikutip dari Otomania.

Perlu diketahui, pengembunan di kaca bagian dalam kabin terjadi akibat adanya perbedaan suhu dengan di luar. Contohnya, seperti saat hujan atau ketika sedang berada di kawasan pegunungan.


Meski mengantarkan panas dari listrik, tapi saat disentuh dengan tangan panas tidak akan terasa.Cara kerja anti kabut pada kaca belakang mirip seperti kompor listrik atau induksi yang menghasilkan energi kalor kemudian terdistribusi ke seluruh permukaan kaca.

Anda yang mempunyai mobil tua, dimana ac tidak terlalu berfungsi baik, mungkin pernah mengalami kaca mobil mengembun pada saat cuaca dingin atau saat hujan misalnya. Nah, ini juga karena tidak defogger. (wajibbaca.com)